Sabtu, 01 Oktober 2016

Babakan Ontang

Dulu, setiap menjelang Adzan Maghrib, anak-anak selalu siap untuk berlari dengan tujuan: kalo gak rebutan pemukul beduk, ya rebutan Mik buat adzan (berhubung punya suara yang pas-pasan, aku termasuk yang lari kearah Beduk).
Oh iya, pernah ada kejadian lucu waktu rebutan Mik:
Nano, Oyat, Deni, karena ketiganya gak ada yang mau ngalah,  akhirnya mereka sepakat untuk Adzan Bergantian (Kolaborasi: per orang 2 ayat).

Setelah selesai shalat maghrib, anak-anak mulai duduk membuat lingkaran-lingkaran sesuai tingkatan bacaan Ngaji-nya. Dan dalam satu lingkaran, terjadi lagi persaingan, tapi sayangnya bukan persaingan dalam hal mengaji, melainkan persaingan untuk memperebutkan tempat duduk tepat di bawah kipas angin (waktu itu kipas angin di Masjid hanya ada satu).

Aku masih ingat hari pertama aku belajar ngaji (belajar alif-alifan), guru ngaji pertamaku perempuan, aku tidak tau namanya, yang pasti dia terlihat cantik dengan kerudung kuning yang warnanya sudah memudar. Pada saat itu, menurutku wanita cantik di dunia ini cuma ada dua: satu Guru ngajiku dan yang satunya lagi wanita yang nempel di kamar Kakakku (Foto Artis di kalender tahun 1997).

Selain guru ngaji yang cantik, ada juga guru ngaji yang galak, sok berkuasa, sok ngatur, dan suka ngasih hukuman sama anak-anak yang ketahuan nakal.
Waktu itu, kenakalan yang paling sering terjadi adalah ngumpetin sendal; tidak hanya diumpetin, kadang sandalnya ditulisin nama bapaknya (pake arang). Bahkan, Guru ngaji yang galak itu juga pernah jadi korbannya.

Aku dan beberapa temanku juga pernah ngumpetin sandal, tapi sayangnya ketahuan. Akibat dari kejahilan itu, kita kena hukuman disuruh ngisi bak air tempat Wudhu (saat itu tempat Wudhu juga masih sederhana, kalo mau Wudhu ya harus nimba air dulu).

Jaman aku kecil dulu, anak-anak memang sangat akrab dengan Masjid; kalo libur sekolah, kadang suka tidur rame-rame di Masjid. Dan yang tidur duluan biasanya dijailin sama anak-anak yang lain: dipakein Mukena, diiket kakinya pake sarung, sampe-sampe ada yang dikentutin tepat diwajahnya.
Ya, kadang kejahilannya tidak manusiawi, tapi namanya juga kan anak-anak (anak nakal).
Aku juga pernah tidur di Masjid, terus dibangunin sama si Iwan, "Heh-heh, bangun-bangun." pas aku udah bangun, si Iwan-nya bilang gini: "Ngga, cuma mau ngasih tau. Sekarang udah jam sebelas, ayo cepet tidur, nanti shalat Subuh-nya kesiangan."

Bedanya sama sekarang???
Sekarang semakin bagus Masjid, malah semakin sepi Jamaahnya. Shalat subuh aja paling banyak cuma 5 orang; kadang cuma Marbot doang seorang (Adzan sendiri, Iqamah sendiri, Shalat sendiri).
Dan kalo Maghrib tiba, anak-anak sekarang bukannya ke Masjid, mereka lebih suka nonton sinetron cinta-cintaan, sinetron balap-balapan, duyung-duyungan...

Bersambung...

*Tulisan ini berdasarkan kenangan beberap orang. Sebagian fakta, sebagian lagi sengaja ditambah-tambahkan untuk tujuan hiburan*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar